Rabu, 06 Januari 2010

Jangan Panik

Jangan Panik,
Bila Libas Genangan Lalu Mesin Terdengar Berderit


Hujan sudah mulai turun lagi. Meski tidak terlalu deras, curah hujan di beberapa tempat sempat mengakibatkan genangan. Banyak hal yang bisa muncul akibat mobil melibas genangan. Salah satunya adalah efek air yang masuk ke ruang mesin sehingga terdengar suara berderit. Biasanya, bunyinya mirip suara "cit... cit.. cit” ketika mesin hidup. Tapi suara itu tidak berlangsung lama. Beberapa menit kemudian hilang dengan sendirinya.

Dari deskripsi kasus seperti itu, tampak bahwa bunyi berderit tersebut muncul karena tali kipas yang basah setelah melibas genangan. Tali kipas yang basah mudah slip. Efek slip inilah yang menimbulkan bunyi berderit. Ketika kering, tali kipas bekerja normal kembali. Itu sebabnya suara aneh tidak terdengar lagi.

Kita tidak perlu panik atau khawatir jika mengalami kejadian serupa. Selama kondisi tali kipasnya masih layak pakai, maka kejadian seperti itu tidak akan berdampak pada kinerja mesin mobil.

Yang perlu sedikit diperhatikan di sini adalah apabila setelah timbulnya bunyi dibarengi dengan perubahan pada meter ukur di instrumen panel. Misalnya, lampu gambar baterai menyala. Ini salah satu tanda adanya kemungkinan tali kipas lepas atau putus.

Jika lepas atau putus tentu akan berakibat fatal. Sebab, tali kipas merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai penghubung gerak putaran yang dihasilkan oleh mesin. Melalui tali kipas inilah gerak putaran mesin digunakan untuk memutar alternator (dinamo amper) penghasil arus listrik. Selain itu, tali kipas berguna dalam proses sirkulasi air pendingin mesin.

Karena itu, sangat penting untuk merawat dan memeriksa tali kipas. Alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan dan penggantian secara rutin sesuai dengan km yang sudah ditentukan.

Tips and Trick lainnya dapat dibaca di www.astraworld.com



AstraWorld, my driving partner




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Powered by FeedBurner  Add to Google Reader or Homepage   Career & Job Blogs - BlogCatalog Blog Directory  PageRank